3 Manfaat Penerapan Software CRM Indonesia bagi Sektor Perbankan
Publisher: Sausan Sharfina
Date: 2020-09-16T13:53:50+06:00
37 Views

Implementasi software CRM Indonesia untuk bisnis, khususnya pada sektor perbankan adalah sebuah hal yang begitu penting. Dengan adanya software CRM atau Customer Relationship Management, operasional perbankan yang tadinya dijalankan dengan cara tradisonal atau manual, kini dapat diotomatisasi. Teknologi alih peran dari cara tradisional ke software CRM ini akan sangat membantu pihak bank dalam mengelola data nasabahnya. Software CRM dapat menjadi gudang data bagi perbankan untuk bisa mengetahui pola nasabah dan pelanggan selama ini. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pihak bank jika menggunakan software CRM:

 

  • Meningkatkan Layanan Nasabah 

 

Implementasi dan penggunaan software CRM dapat membantu bank dalam meningkatkan layanan nasabah. Bank yang telah menerapkan software CRM akan lebih mudah dalam memperbaiki retensi nasabah dengan menggunakan feedback nasabah. Berkat adanya data yang terkumpul dari proses pendaftaran, transaksi, dan juga feedback akan membuat pihak bank  lebih mudah untuk mendapatkan loyalitas para pelanggan. 

 

  • Memudahkan Pekerjaan Customer Service 

 

Software CRM Indonesia yang digunakan oleh pihak bank akan memudahkan customer service dalam menjalankan tugasnya. Dengan hadirnya software CRM, customer service dapat lebih mudah dalam mengenal nasabah melalui panggilan. Software CRM juga dapat digunakan untuk mencari solusi dari berbagai masalah yang dihadapi oleh nasabah. Melalui metrik waktu berdasarkan data yang ada dalam software CRM, pihak bank juga bisa melihat berapa lama customer service bisa menyelesaikan masalah nasabah, penilaian nasabah terhadap layanan customer service, dan lain sebagainya. 

 

  • Meningkatkan Penjualan

 

Hadirnya software CRM juga sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Perbankan Indonesia menawarkan begitu banyak produk bagi para nasabah. Namun, untuk bisa mendapatkan aspirasi dari masyarakat tidaklah mudah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh persaingan dalam sektor perbankan di Indonesia yang memang begitu ketat. Untuk bisa terus bersaing dan meningkatkan penjualannya,  pihak bank harus bisa menemukan strategi untuk meningkatkan penjualan dari berbagai macam produk yang ditawarkan. 

 

Baca Juga: Ini Dia Peran Software CRM Indonesia, Pebisnis Wajib Tahu!

 

Data internal berkualitas yang terdapat di dalam software CRM dapat membantu pihak bank untuk menemukan strategi marketing yang terbaik. Teller maupun staf administrasi pun dapat lebih mudah dalam melayani pendaftaran nasabah baru dan sekaligus menawarkan produk bank tersebut pada mereka. Selain itu, teller juga bisa lebih leluasa dalam memberikan penjelasan mengenai produk dan juga manfaatnya yang akan didapatkan oleh nasabah jika mereka menggunakan produk tersebut. 

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia perbankan mendorong bank untuk mencari cara agar operasionalnya dapat berjalan sesuai dengan harapan. Pihak bank harus mencari solusi agar para nasabah tetap setia untuk menggunakan produk-produk yang dimiliki oleh bank tersebut. Salah satu cara yang paling efektif yang bisa dipilih oleh pihak perbankan adalah dengan menerapkan software CRM Indonesia. Untuk itu, Soltius Indonesia hadir memberikan solusi terbaik terkait penerapan software CRM di sektor perbankan Indonesia.

 

Artikel Lainnya: Manfaat Software CRM Indonesia Agar Bisnis Berkembang