8 Langkah Personal Branding di Medsos
Date: 2019-05-20T18:09:11+06:00
385 Views

Dalam jurnal Front Psychol yang diterbitkan oleh Frontiers in Psychology di November 2018, Sergey Gorbatov dan kawan-kawan memberikan definisi terbaru tentang personal branding. Menurut mereka, personal branding adalah sebuah proses strategis dalam membuat, memposisikan, dan menjaga kesan positif seseorang berdasarkan kombinasi karakteristik yang unik dari orang tersebut, serta dengan memberikan janji—layaknya brand  promise—kepada target audiens melalui narasi atau imaji tertentu.

Bagi kamu yang ingin menerapkan personal branding di media sosialmu, berikut ada 8 cara yang bisa kamu ikuti.

  1. Kenali Diri Sendiri

Bagaimana kamu bisa menampilkan citra yang sesuai dirimu jika kamu belum benar-benar mengenal dirimu sendiri? Meski terdengar klise, namun mengenali diri sendiri adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Apa kekuatanmu yang harus ditonjolkan? Apa tujuan yang ingin kamu raih? Semua itu harus jelas saat kamu menyusun strategi.

  1. Tentukan Personal Branding yang Tepat

Ketika kamu telah mengenal dirimu sendiri, selanjutnya kamu bisa menentukan personal branding yang tepat dengan kemampuan yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki beberapa skill yang ingin ditonjolkan, pikirkan bagaimana memberi benang merah di antaranya. Yang terpenting adalah kamu bisa membagi-bagi porsinya dengan benar.

  1. Kenali Target yang Mau disasar

Untuk menciptakan branding yang baik, kamu harus mengenali siapakah target yang ingin kamu sasar. Hal ini berhubungan dengan cara dan gayamu dalam menyampaikan konten. Jangan sampai gaya bahasamu terlalu santai, padahal yang ingin kamu tuju adalah perusahaan bonafit. Semakin sesuai cara penyampaiannya, citramu akan semakin melekat di benak targetmu.

  1. Unik tapi Punya Jati Diri

Menarik perhatian itu memang perlu, tapi jangan sampai kesan yang kamu tampilkan berbeda jauh dengan kenyataan yang sebenarnya ya. Kamu harus bisa tampil unik, namun tetap memiliki jati diri. Citra yang tidak dibuat-buat akan lebih mudah dibangun dan dipelihara, ketimbang yang fake. Kamu tidak mau kan dicap sebagai sosok yang palsu?

 

  1. Ciptakan Konten Bagus

Karena citramu akan dilihat dari media sosial, maka konten yang bagus adalah kunci utama untuk menarik perhatian. Visual yang menarik dan beresolusi bagus akan menghasilkan lebih banyak engagement jika kamu ingin menampilkan diri sebagai desainer yang andal. Sedangkan kekuatan bernarasi dalam caption akan sangat bagus jika kamu ingin menampilkan diri sebagai seorang penulis.

  1. Manfaatkan Hashtag

Jangan anggap remeh the power of hashtags, ketika kamu mengunggah konten ke media sosial. Lewat hashtag yang tepat, kamu bisa dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Dengan menghadirkan konten yang bagus dan hashtag yang tepat, kamu bisa menambah jumlah pengikut di media sosial.

  1. Konsisten

Personal branding tidak akan tercapai jika kamu tidak konsisten. Ketekunan dalam menghadirkan konten akan membuat sosok kamu familiar dan akrab di mata para netizen. Tidak hanya konsisten dalam segi waktu, konsistensi dari segi kualitas juga penting ya.

  1. Kolaborasi

Jika kamu memiliki teman yang bisa diajak bekerja sama, jangan sungkan untuk mengajaknya. Berkolaborasi dengan teman bisa memperluas jejaringmu di media sosial. Kerja sama tidak harus dalam bentuk uang, namun kamu bisa menerapkan sistem kolaborasi yang menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu