Pengertian Asuransi
Publisher: Mitra Harmoni
Date: 2019-06-12T12:23:05+06:00
135 Views

Banyak pertanyaan tentang asuransi yang muncul dari orang yang belum mengetahui tentang  dunia asuransi. Berikut pengertian asuransi. Asuransi berasal dari bahasa Inggris, assurance atau insurance, yang berarti jaminan atau perlindungan.

Berdasarkan definisi dari Apprindo, Secara hukum,  Asuransi adalah suatu perikatan antara dua pihak yaitu penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (individu atau badan usaha). Tertanggung membayar sejumlah uang kepada penanggung dalam bentuk premi dan penanggung mengikat diri untuk memberikan ganti rugi kepada tertanggung, bila terjadi musibah yang dijamin dalam polis.

Asuransi dapat dilihat dari 3 sudut pandang, yaitu :

  1. Ekonomi : mengelola suatu risiko hingga suatu kerugian yang diakibatkan oleh musibah,  dapat diatasi dengan memperoleh ganti rugi dari asuransi.
  2. Sosial : semacam kegiatan gotong royong, dimana penanggung mengumpulkan sejumlah uang dalam bentuk premi asuransi dari para tertanggung/peserta/pemegang polis, dan mengelolanya secara profesional untuk kemudian dipakai sebagai dana membayar kerugian yang menimpa tertanggung/peserta/pemegang polis. Atau dengan kata lain, suatu kegiatan untuk saling bantu  antara tertanggung/peserta/pemegang polis, dalam hal terjadi musibah yang menimbulkan kerugian
  3. Hukum : perjanjian yang tercermin dari polis berbagai macam produk asuransi, dimana masing-masing pihak yaitu tertanggung dan penanggung terikat pada suatu ketentuan/persyaratan/kondisi yang tercantum dalam polis